Faktanya, Berpuasa Terbukti Menyehatkan Badan

manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh

Sebentar lagi kita akan masuk ke Bulan suci Ramadhan, Bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia karena di Bulan ini, Allah SWT senantiasa melipat gandakan pahala yang diberikan serta membuka lebar-lebar pintu maaf dan ampunan dari Allah SWT. Sebagai keutamaan Bulan Suci Ramadhan, Tidak ada bulan yang paling di tunggu selain bulan Ramadhan. Dibulan inilah, kita bisa memohon ampunan dari-Nya atas segala dosa-dosa yang kita rasa sudah sangat besar dan tidak sanggup di Pikul lagi.

Allah SWT Maha pengampun atas setiap umat-Nya yang meminta sungguh-sungguh atas ampunan-Nya. Bulan Suci Ramadhan kita di perintahkan untuk berpuasa sebulan penuh. Tata caranya telah ditetapkan dalam Al-Qur'an dan Hadits sehingga kita wajib hukumnya untuk menjalankannya.

Puasa yakni menahan makan seharian penuh serta menahan hawa nafsu kita, sesungguhnya tidaklah berat ibadah ini bagi umat Islam yang ber Iman. Dan justru, Puasa terbukti mampu menyehatkan badan kita. Penelitian para ahli telah dilakukan dan faktanya memang benar bahwa sannya puasa sebulan penuh sangat bermanfaat dalam kesehatan tubuh.

Berikut manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh:

1. Puasa Menurunkan Kadar Kolestrol dan Menyehatkan Jantung
Para Ahli telah meneliti akan manfaat puasa, bahwasannya orang yang berpuasa sebulan penuh mengalami penurunan kolesterol yang cukup signifikan. Hal ini tentu saja berdampak positif kepada kondisi jantung anda. Tingkat kesehatan jantung menjadi semakin baik, tidak hanya itu, resiko terkena stroke menjadi berkurang.

Hal ini disebabkan karena peningkatan mineral yang sangat penting bagi tubuh yakni Magnesium. Peningkatan ini terjadi karena kita berpuasa. Fungsi magnesium adalah sebagai pelindung jantung karena memiliki efek Cardio-Protective.

Sementara seseorang yang terserang stroke atau jantung koroner biasanya disebabkan oleh penjendalan darah di pembuluh darah kecil. dan Mineral Magnesium memiliki sifat sebagai anti penjandalan sehingga mampu melindungi jantung dan menghindarkan anda dari stroke.

2. Menyehatkan Pencernaan
Sumber penyakit lebih banyak berasal dari pencernaan yang buruk. Sesuai penelitian, makanan yang kita makan akan tinggal di usus selama kurang lebih 14 jam, makanan tersebut di cerna tanpa henti oleh organ pencernaan. Bayangkan saja, belum sampai 14 jam makanan dicerna, kita sudah makan lagi dengan porsi yang cukup banyak. Sudah pasti organ pencernaan kita nyaris tidak berhenti bekerja.

Selama kita berpuasa, organ pencernaan akan diistirahatkan, hal ini membantu dalam peremajaan organ penting tersebut. Kalau dihitung-hitung, kita berpuasa kurang lebih selama 14 jam. Jadi kurang lebihnya sudah pas.

3. Menekan stres dan meningkatkan Fungsi Otak
Tingkat stres pada seseorang diakibatkan oleh meningkatnya hormon kortisol yang diproduksi oleh Kelenjar Adrenal. Dan selama berpuasa Ramadhan hormon kortisol ini akan berkurang, tak hanya selama berpuasa di bulan Ramadhan, melainkan setelahnya sehingga membuat tingkat stress kita menurun.

Puasa Ramadhan juga berpengaruh terhadap otak. Fungsi otak akan semakin meningkat karena meningkatnya pembentukan sel-sel otak. Pembentukan sel otak ini dipengaruhi oleh meningkatnya faktor neurotripik yang diturunkan dari otak kita.


4. Sebagai Detoksifikasi
Selama berpuasa, sistem pencernaan kita diistirahatkan, hal ini sekaligus sebagai detoksifikasi pada tubuh kita. Detoksifikasi pada tubuh yakni melepaskan sel serta jaringa yang rusak ke sirkulasi darah, kemudian segala macam racun yang ada ditubuh dan timbunan lemak akan dibakar.

5. Kesehatan Jiwa
Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah dimana kita berlomba-lomba mencari pahala sebanyak-banyaknya dan memohon ampunan kepada Allah SWT atas segala dosa-dosa kita dimasa lalu. Intensitas ibadah menjadi meningkat, hal ini tentu saja akan membuat jiwa kita menjadi tenang dan damai.

Secara medis ternyata hal ini juga bisa dijelaskan, selama berpuasa tubuh kita akan memproduksi zat enkefalin dan endorfin. Sebut saja zat ini semacam morfin yang menenangkan namun diproduksi oleh tubuh kita secara alami sehingga lebih terkontrol dan bermanfaat. Kedua zat ini mampu memberikan rasa tenang, rileks, lega, tenang dan bahagia.

Nah, ini hanya sekilas saja mengenai manfaat berpuasa di bulan suci Ramadhan yang ternyata menyehatkan tubuh. Masih banyak penelitian lain yang menyatakan kalau puasa itu sangat baik bagi kesehatan kita.

Apa yang Allah SWT perintahkan dan larang semata-mata hanya demi kebaikan kita selaku Ummatnya, tidak ada perintah Allah yang merugikan kita. Semoga dibulan Suci Ramadhan ini kita senantiasa diberkahi Allah SWT. Blog BitiBingit mengucapkan selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 2014..


Subscribe to receive free email updates: