Tips Ngabuburit Yang Asik Dibulan Ramadhan

Ini adalah hari pertama saya berpuasa, sudah jadi tradisi bagi kita anak muda kalau dibulan puasa sambil nunggu waktu magrib kita sering ngadain acara ngabuburit. Ngabuburit sendiri menurut saya berasal dari kata "Burit" dalam bahasa sunda artinya sore. "Naguburit" berarti kegiatan sambil menunggu waktu sore atau magrib.

Nag biasanya anak muda kalau ngabuburit pasti jalan kesuatu tempat yang rame bersama temen-temen. Biasanya di suatu daerah suka ada tempat favorit buat ngumpul-ngumpul bareng temen. Kali ini saya mau share tips ngabuburit yang asik dibulan Ramadhan yang bisa menjadi pilihan buat sobat sekalian.

1. Tadarusan atau Ngaji Al-Qur'an
Sudah menjadi kewajiban bagi Umat muslim dibulan Suci Ramadhan untuk menjalankan ibadah puasa. Salah satu keutamaan Bulan Suci Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan ampunan, Allah SWT memberikan ganjaran yang berlipat ganda bagi siapa saja yang memperbanyak amalan sholeh. Salah satunya dengan menbaca Al-Qur'an atau "Tadarusan". Allah SWT telah menurunkan Al-Qur'an pada bulan Suci Ramadhan, dengan memperbanyak membaca Al-Qur'an sama saja dengan memulyakan Al-Qur'an dan pahalanya sangatlah besar.
tips ngabuburit yang asik dibulan ramadhan

Sudah hal biasa ketika di mesjid-mesjid banyak orang yang membaca Al-Qur'an. Jadi alangkah ruginya jika acara ngabuburit sobat dengan melewatkan Tadarusan. Yuk, Mulailah bertadarus sehari satu Juz sehingga nanti pas 30 hari sobat udah hatam Al-Qur'an. Itu sangatlah luar biasa pahalanya.

2. Membaca Buku
Jika sobat sudah memiliki jadwal sendiri untuk tadarusan misalnya sehabis subuh, maka acara ngabuburit sobat bisa dengan membaca buku-buku bermanfaat, bisa tentang ilmu pengetahuan, game atau apa saja yang bermanfaat. Hal ini tentu saja akan meningkatkan wawasan dan pengetahuan sobat tentang banyak hal. Apakah kegiatan ini tidak menyenangkan? saya pikir karena sobat belum mencobanya jadi terkesan tidak menyenangkan. Sebaiknya cobalah ngabubuit dengan membaca buku.

3. Ngegame
Ngabuburit yang terasa sangat cepet dan tau-tau sudah magrib? ini dia jurusnya, yakni bermain game bareng temen atau sodara. Misal sobat suka banget maen game PlayStation Winning Eleven. Nah mainkan game ini dengan temen, yakin sobat bakalan lupa sama laper, dan tau-tau adzan magrib sudah berkumandang.

4. Jalan-jalan
Yang paling sering dilakukan bareng temen-temen adalah jalan-jalan ketempat rame. Ya, Ngabuburit model ini cukup menyenangkan sekaligus bisa menikmati suasana luar. Sobat bisa rame-rame dengan rekan-rekan menuju suatu tempat yang asik, bawalah bekal uang secukupnya jangan sampai pas waktunya buka puasa sobat gak bawa uang sama sekali buat beli ta'jil.


Hal yang harus dihindari selama ngabuburit di bulan Ramadhan.

Walau bagaimanapun sobat sedang menjalankan ibadah puasa. dengan artian menahan lapar dan hawa nafsu. Jika ngabuburit ketempat rame tentu saja akan ada banyak sekali godaan-godaan yang bisa membatalkan puasa sobat. Terutama godaan mata. Seabiknya sobat sudah mempersiapkan diri untuk mengantisipasinya, Niatkan yang bulan bahwasannya ngabuburit hanya untuk melepas penat dengan menunggu waktu berbuka diluar.

Jauhkan dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa, jangan melakukan kegiatan yang bisa menguras energi sobat agar tidak lemas dan laper.

Nah demikian Tips ngabuburit yang asik dan bermanfaat dibulan suci Ramadhan, semoga bisa memberikan inspirasi bagi sobat semua jika ingin ngabuburit. Lebih baik isilah acara ngabuburit dengan kegiatan yang bermanfaat yang berhubungan dengan Ibadah, karena sungguh sangat sayang sekali jika melewatkan bulan suci Ramadhan dengan kegiatan yang sia-sia dan tidak bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: