Keutamaan dan Tata Cara Bacaan Shalat Tahajud Lengkap

Manfaat Keutamaan dan Tata Cara Bacan Shalat Tahajud. Setiap umat muslim pastinya mengenal dengan shalat tahajud. Sebelum turun perintan Shalat lima waktu, Shalat tahajud telah diwajibkan kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh sebab itu, Shalat tahajud sangat dianjurkan sekarang ini kepada kita untuk melaksanakannya.

Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surah Al-Insaan ayat 26.

وَمِنَ اللَّيْلِ فَاسْجُدْ لَهُ وَسَبِّحْهُ لَيْلًا طَوِيلًا

Yang artinya: “Dan pada sebagian dari malam, maka sujudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian yang panjang dimalam hari.” (QS. Al-Insaan: 26).

Juga dalam Surah Al-Isro ayat 79

{وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا (79)}

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari, hendaklah engkau shalat Tahajud sebagai tambahan bagi engkau. Mudah-mudahan Tuhan mengangkat engkau ketempat yang terpuji.”. (QS : Al-Isro’ : 79).

Hal ini juga diperkuat dengan Sabda Nabi Muhammad SAW, beliau bersabda:

 “Jika matahari sudah terbenam, aku gembira dengan datangnya malam dan manusia tidur karena inilah saat hanya ada Allah dan aku.”

Waktu yang tepat untuk melaksanakan shalat tahajud adalah 1/3 malam dimana pada saat-saat itu para Malaikat turun ke Bumi serta Allah akan senantiasa mengabulkan setiap doa hambannya yang shalat tahajud. Shalatlah dengan ikhlas dan khusus dimana pada saat itu seolah-olah hanya ada anda dan Allah. Maka Allah akan memberikan pahala yang amat besar. Juga pada shalat tahajud ini terdapat banyak manfaat atau keutamaan Shalat Tahajud. Diantasarnya adalah.
Tata cara shalat tahajud lengkap
1. Salah satu tiket Masuk Surga adalah dengan Shalat Tahajud

Hal ini pernah dikatakan oleh Rosululloh SAW, menurut Abdullah Ibn Muslin berkata “kalimat yang pertama kali ku dengar dari Rasulullah Saw saat itu adalah, “Hai sekalian manusia! Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lah shalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

2. Sebagai amalan yang menolong di Akhirat kelak

Hal ini seperti di firmankan oleh Allah SWT melalui Qurnan Surah Az-zariyah ayat 15-18.

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ , آخِذِينَ مَا آتَاهُمْ رَبُّهُمْ إِنَّهُمْ كَانُوا قَبْلَ ذَلِكَ مُحْسِنِينَ , كَانُوا قَلِيلاً مِّنَ اللَّيْلِ مَا يَهْجَعُونَ * وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mata air-mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnya mereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalah orang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah).” (QS. Az Zariyat: 15-18)

Maka sesuai dengan ayat diatas, barang siapa yang senantiasa terbangun di malam hari kemudian melaksanakan shalat tahajud serta meminta permohonan ampun kepada -Nya maka InsyaAllah Allah akan menolongnya di akhirrat nanti.

3. Penghapus dosa dan mencegah untuk berbuat dosa
Siapa yang senantiasa melaksanakan Shalat tahajud? Pastinya mereka-mereka yang tergolong dalam orang-orang sholeh, Orang-orang yang senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dimalam hari, maka sudah pasti mereka akan selalu terjaga hidupnya dari perbuatan dosa selain dosa-dosanya akan dihapuskan. Maka berserah dirilah kepada Allah pada waktu malam.

Hal ini seperti Sabda Nabi SAW, Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang saleh sebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.” (HR. At-Tirmidzi)

4. Waktu Utama untuk berdoa memohon kepada Allah SWT
Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”, Rasulullah Saw menjawab, “Tengah malam terakhir, maka shalat lah sebanyak yang engkau inginkan, sesungguhnya shalatwaktu tersebut adalah maktubah masyudah (waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoa maka didengar doanya)” (HR. Abu Daud).


5. Mendapat Tempat Yang terpuji dan meraih kemuliaan
Firman Allah SWT:
{وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
“Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

Rasulullah Saw bersabda, “Jibril mendatangiku dan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam dan ketidakbutuhannya di muliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi)


6. Menyehatkan Jasmani
“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sbelum kalian. Wahana pendekatan diri pada Allah Swt, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR. At-Tarmidzi).

Sesuai dengan penelitian bahwasannya sholat tahajud yang dilaksanakan sekitar pukul 03;00 pagi mampu melancarkan peredaran darah. memberikan udara segar bagi seluruh organ tubuh. Ketika itu, udara di atmosfer masih sangat segar dan dihirup oleh paru-paru. Tubuh kita pun menggerak-gerakkan seluruh otot yang membuat badan segar seketika dan seluruh aliran darah terasa lancar. Oksigen segar akan menghilang ketika matahari terbit dan kembali pada pagi berikutnya. Hanya orang-orang yang terbangun untuk melaksanakan sholat tahajudlah yang bisa merasakannya.

Juga  Gerakan takbiratul ihram yang diikuti dengan bersedekap sebenarnya membuka rongga paru-paru lebih lebar. Hal tersebut diketahui mampu memperlancar aliran udara menuju paru-paru. Kerap kali kita merasakan paru-paru jauh lebih lapang daripada sebelumnya. Hal ini tidak bisa dipungkiri sebagai salah satu olah napas yang sangat baik selain berolahraga.

Secara bio-teknologi, penemuan baru menyebutkan bahwa shalat tahajud mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Di samping itu, bagi para penderita kanker akan merasakan manfaat lainnya, yaitu menghilangkan rasa nyeri yang kerap melanda. Pada bidang ini pula dikatakan bahwa shalat tahajud meningkatkan respon positif yang sangat efektif dalam anastesi pra bedah. Alasan inilah yang menjadikan mengapa shalat tahajud sangat baik dilaksanakan oleh penderita penyakit berat sekalipun. Anda akan merasakan begitu banyak manfaat dalam gerakan shalat malam tersebut.


Dan sebenarnya masih sangat banyak manfaat atau keutamaan Shalat Tahajud, mungkin lain kali kami akan berikan manfaatnya secara lengkap. Nah, lantas bagaimana cara melaksanakan shalat tahajud? Sebenarnya tidak ada yang berbeda dengan tata cara shalat dan bacaan shalat tahajud dengan shalat sunnah lainnya, hanya saja waktu shalat dilaksanakan pada 1/3 malam saja. Berikut Tata Cara Bacaan Shalat Tahajud.

1. Niat Shalat Tahajud

Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa.
Artinya: "Aku niat shalat sunat tahajud dua rakaat karena Allah"

Setelah itu, kamu melaksanakan Shalat Sunnah tahajud seperti pada shalat sunnah lainnya, lakukan paling sedikit 2 rakaat. Setelah selesai maka berdoalah kepada Allah SWT untuk memohon pengampunan, atau berdoalah apa yang kamu inginkan dengan sangat khusuk.

Perbanyaklah istigfar memohon ampunan, Tidak ada bacaan doa khusus setelah shalat tahajud, namun, Nabi Muhammad SAW selalu membaca doa ini, anda bisa mengikutinya jika berkenan.Berikut bacaan Doa setelah shalat tahajud yang bisa kamu lakukan.

.اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

Artinya: "Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.

Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, Surga adalah benar (ada), Neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar. Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau".

Atau anda bisa berdoa dengan bahasa anda sendiri, berkeluh kesah, curhat atau apapun karena pada saat itu hanya ada kamu dan Allah SWT.

Alhamdulillah, berbahagialah bagi akamu yang senantiasa melaksanakan shalat tahajud, semoga kita yang masih jarang untuk senantiasa melaksanakan Shalat tahajud, dan semoga Allah SWT mengampuni dosa kita, memudahkan setiap urusan kita, Ammiiinnn Allahumma amin...

Subscribe to receive free email updates: