Tata Cara Praktek dan Bacaan Doa Shalat Istikharah

Tata Cara Praktek dan Bacaan Doa Shalat Istikharah. Terkadang kita selalu dihadapkan kepada dua pilihan yang sangat membingungkan. Apalagi dua pilihan tersebut termasuk penting bagi hidup kita. Sebagai contoh yang biasa kita lakukan atau kebanyakan orang lakukan ketika menghadapi calon pasangan sehidup semati yang ternyata ada dua, keduanya orang tersebut menyatakan sangat bersedia dan sungguh-sungguh ingin berdampingan dengan kita. Namun apalah daya, sebagai manusia biasa pastinya akan bingung jika dihadapkan pada dua pilihan tersebut.

Atau kasus yang sering membuat kita bingung yakni ketika melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan, dan ternyata ada dua perusahaan yang dianggap semuanya sangat bagus bersedia menerima lamaran pekerjaan kita, maka mau tidak mau kita harus memilih salah satunya. Dan pastinya kita akan sangat bingung menentukan pilihan, karena kita ingin mendapatkan pilihan yang terbaik terlebih demi masa depan.

Maka jika kita sedang dihadapkan kepada dua pilihan tersebut yang sangat sulit untuk memilih, maka sebaiknya kita meminta tolong kepada Allah SWT. Mintalah petunjuknya karena Allah SWT adalah Yang Maha Pemberi Petunjuk (Al Hadi). Salah satu cara untuk meminta petunjuknya adalah dengan Shalat Istikharah, Shalat meminta petunjuk tersebut sebaiknya dilakukan dengan sangat khusu dan yakin akan pilihan kita nantinya.
tata cara bacaan doa shalat istikharah
Shalat Istihkarah merupakan Shalat sunnah yang dianjurkan oleh Rosululloh SAW jika kita sedang dalam situasi tersebut, sebagaimana Sabda Nabi SAW:

“Jika salah seorang dari kamu bermaksud (berkeinginan kuat untuk) melakukan sesuatu, hendaknya ia melakukan shalat dua rakaat bukan shalat fardu, kemudian mengucap doa:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ
"Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau Ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon kemurahan Tuhan yang Besar lagi Agung karena sesungguhnya Tuhan yang Berkuasa sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui, bahwa persoalan ini (sebutkan permasalahan yang anda hadapi) baik bagi hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berilah perkara ini kepada hamba, dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba, dan penghidupan hamba, dan jika tidak baik  akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah ini dari hamba dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah hamba orang yang rela atas
anugrah-Mu.”

Tata Cara Shalat Istikharah

Shalat Istikharah sebaiknya dilakukan pada sepertiga malam seperti halnya shalat tahajut. karena waktu tersebut sangat disarankan. Namun sebenarnya shalat ini bisa dilakukan kapan saja asalkan waktu yang dilarang untuk shalat.

Salat istikharah boleh dikerjakan paling sedikit dua rakaat atau hingga dua belas rakaat (enam salam).Tata cara atau kaifiyatnya sama dengan shalat fardhu,yang membedakan hanya pada niatnya saja.

Niat Shalat Sunnah Istikharah

Niat shalat ini seperti pada niat shalat biasanya:
Ushalli sunatan istikharati rok,ataini lillahi ta'alaa
Artinya : Niat saya shalat sunat istikharah dua raka'at karena Alloh Ta'alaa
Seperti pada Shalat umumnya, Rakaat pertama setelah membaca surah Al-Fatihah, maka utamakan membaca surrah Al-Kafirun satu kali. Kemudian pada Rakaat kedua selepas baca Al-Fatihah, Bacalah Surah Al0Ikhlas satu kali. Dan sebenarnya anda bisa membaca surrah Al-Qur-an apa saja. Hanya saja utamakan dua Surrah diatas.

Setelah salam dilanjutkan do'a salat istikharah kemudian memohon petunjuk dan mengutarakan masalah yang dihadapi. Sebuah hadits tentang do'a setelah salat istikharah dari Jabir r.a mengemukakan bahwa do'a tersebut dapat berbunyi :
"Ya Allah, aku memohon petunjuk kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu. Aku memohon kekuatan dengan kekuatan-Mu. Ya Allah, seandainya Engkau tahu bahwa masalah ini baik untukku dalam agamaku, kehidupanku dan jalan hidupku, jadikanlah untukku dan mudahkanlah bagiku dan berkahilah aku di dalam masalah ini. Namun jika Engkau tahu bahwa masalah ini buruk untukku, agamaku dan jalan hidupku, jauhkan aku darinya dan jauhkan masalah itu dariku. Tetapkanlah bagiku kebaikan dimana pun kebaikan itu berada dan ridhailah aku dengan kebaikan itu". (HR Al Bukhari)
Kemudian Sobat bisa membaca Doa seperti yang diatas tadi. Nah, demikian ulasan kami mengenai Tata Cara Prektek Bacaan Doa Shalat Istikharah. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda. Yuk, biasakan diri untuk Shalat malam, InsyaAllah selain pahalanya besar, banyak manfaatnya bagi kita. Aminn..

Subscribe to receive free email updates: