Debat Capres Cawapres Sesi Pertama, JK Tanyakan Masalah HAM?

debat capres sesi pertama
Debat Capres Cawapres sesi pertama

Debat Capres dan Cawapres 2014 yang pertama (9/6/2014) baru saja selesai digelar. Debat yang di siarkan secara langsung dan disaksikan oleh jutaan Rakyat Indonesia ini menjadi bahan pembicaraan hangat. Kita jadi mulai ada bayangan siapa yang paling bagus dalam acara tersebut.

Dan semuanya memiliki kemampuan yang layak untuk memimpin Indonesia kedepan. Visi dan Misi nya sangat bagus, Baik Prabowo-Hatta maupaun Jokowi-JK memiliki strategi yang bagus dalam membangun Indonesia yang lebih baik kedepannya.

Ada yang menarik dari debat tadi, Yakni ketika pasangan Jokowi, yakni Jusuf Kalla memberikan pertanyaan ke Prabowo mengenai penegakkan HAM dimasa lalu. Kita tahu, isu yang berkembang untuk menjatuhkan Prabowo adalah Isu Hak Asazi manusia dimasa lalu. Nah, Lantas apa jawaban Pak Prabowo??berikut cuplikannya.

Jusuf Kalla Bertanya :

"Sejak awal pembicaran tadi, Hatta sampaikan visi-misi yakni melindungi rakyat dan tidak ada diskriminasi, gangguan ancaman dan penegakam HAM. Pak Prabowo tadi mengatakan bahwa tidak ada pengikut yang salah, tapi hanya  pemimpin yang salah. Bagaiamana selesaikan pelanggaran HAM masa lalu dan mempertahankan HAM di masyarakat?"

Prabowo Menjawab:

"Saya sekian puluh tahun, adalah ptugas yang membela kemerdekaan dan kedualatan HAM, mencegah kelompok-kelompok radikal dan yang menggunakan kekerasan serta ancaman kekerasan terhadap orang-orang yang tidak bersalah,"

"Jadi maanakala menghadapi mereka yang merakit bom, melakukan huru hara dan mengancam kelangsungan hidup negara, mereka ini adlaah ancaman negara. Kewajiban kita yakni melindungi segenap tumpah darah, dan dalam pelaksanaan tugas, manakala dengan sebaik-baiknya a yang menilai adalah atasan,"

"Saya mengerti arah pertanyaan bapak. Tetapi, saya sebagai mantan prajurit telah melaksanan tugas sebaik-baiknya, selebihnya atasan yang menilai,"

"Apakah saya melanggar HAM? kira-kirakan begitu pertanyaan bapak begitu?"

"Justru kami di tempat yang susah saat mengambil tindakan untuk keselamatan rakyat Indonesia yang banyak. Mereka yang memegang bom pun dihukum mati, apalagi merakit, apalagi menyebarkan. Jadi Pak JK, saya bertanggungjawab dan hati nurani bersih, saya pembela HAm paling keras,"


Pernyataan Hatta Rajasa Soal Hukum dan HAM

Berbeda dengan Hatta Rajasa selaku wakil dari Capres Prabowo, pendapatnya kali ini justru mendapat cercaan di jejaring sosial Twitter. Hatta mengatakan bahwa pentingnya penegakkan serta penghormatan kepada hukum, serta pengakuan atas Hak Asazi Manusia. Pernyataan inilah yang mendapat reaksi keras di jejaring sosial Twitter.

Pasalnya, beberapa waktu kebelakang, putra Hatta terlibat kecelakaan maut, namun penegakkan hukumnya justru dirasa tidak adil oleh sebagian masyarakat. Hal berbeda jika pelaku kecelakaan adalah orang biasa, pasti hukum akan sangat tegas.

Berikut cuplikan Twitter:

"Plis deh, pak Hatta.. Jgn ngomongin bebas diskriminasi kalo kasus anaknya nabrak tempo hari udah ilang gitu aja. *sodorin kaca," (@InNath


"Salah ngasih porsi hatta utk bicara "kesetaraan hukum", TL langsung rame..," @yunartowijaya.


"Hatta ngemeng kepastian hukum. Dia tau persis, anaknya diperlakukan setara dan dapat kepastian tidak dihukum :),"@datuakrajoangek



Bagaimana menurut sobat? Kalau pendukung pasangan Nomor 1, pastinya debat kali ini pemenangnya adalah Capres Cawapres  Prabowo-Hatta. Sementara sobat pendukung pasangan nomor urut 2, pasti poin  menang untuk Jokowi-Jk. Yang pasti, semua kandidat memiliki visi dan misi yang bagus demi kemajuan Bangsa. Siapapun pemenangnya, semoga Indonesia akan lebih baik dari sejakarng, Masyarakat makmur sejahtera.

Ingat, COBLOS tanggal 9 Juli 2014, tentukan pilihan. Kalau dukungan kalah, jangan bikin rusuh. Dukung pemerintahan yang baru oke.

Subscribe to receive free email updates: