Panduan Lengkap Cara Membuat Makalah Yang Benar

panduan cara membuat makalah

Inget jaman waktu kuliah yang kerjaannya bikin makalah mulu. Emang sih waktu menjelang lulus kelas 3 SMA guru saya sering mewanti-wanti kalau kuliah nanti pasti kerjaannya gak jauh-jauh dari makalah. Hingga Guru Bahasa Indonesia pun sering memberikan tugas untuk membuat makalah. Kalau jaman SMA bikin makalah ya kerja kelompok. Dan yang ngerjain paling cuman satu orang. Gue taunya beres aja. hihi.. Hingga akhirnya pas gue kuliah pas ada tugas makalah gue langsung kelabakan soalnya gak tau cara bikin makalah yang bener.

Membuat makalah tidaklah sulit jika sobat udah tau caranya, apa saja yang harus dipersiapkan dan jika sudah terbiasa membikin makalah, maka dalam satu hari pun makalah sobat udah beres. Nah sebelum sampai ke Cara membuat makalah sebaiknya kita harus tau dulu apa itu makalah?

1. Secara umum makalah adalah sebuah tulisan yang resmi tentang suatu bahasan masalah yang nantinya akan dibacakan di depan umum atau dalam sebuah persidangan dan nantinya akan disusun untuk diterbitkan.

Atau ada juga yang menyebutkan kalau makalah adalah sebagai hasil karya tulis dari pelajar atau mahasiswa yang merupakan hasil kerja yang sudah dilakukan dari tugas sekolah atau kampus.


Nah hal apa saja yang harus ada dalam makalah?

1. Cover atau Hardcover maupun softcover
-Judul makalah
-Tujuan Pembuatan Makalah
-Nama pembuat
-Logo intansi
-Nama Lembaga dan alamat
-Tahun akademik

2. Judul Makalah

3. Kata Pengantar
Kata pengantar dari penulis makalah, isinya mencakup ucapan terimakasih, harapan penulis, dan lain-lain.

4. Daftar Isi
Ini memuat daftar isi dari sebuah makalah dari halaman awal sampai akhir.

5. Pendahuluan
Isi dari pendahuluan mencakup Latar belakang pembuatan tugas makalah, Tujuan dan manfaat yang diinginkan.

6. Landasan Teori
Landasan teori berisi kutipan teori yang telah ada yang berkaitan dengan pokok bahasan yang sedang dibuat. Biasanya diambil dari buku atau diktat.

7. Pembahasan
Bagian ini adalah inti dari makalah. Membahas secaa terperinci pokok masalah makalah anda. semuanya berada disini.

8. Kesimpulan dan saran
Isi kesimpulan adalah memjawab dari tujuan pembuatan dan latar belakang masalah. menyimpulkan isi makalah secara singkat.

9. Daftar Pustaka
Mencantumkan berbagai sumber referensi makalah anda.

Tahapan membuat Makalah yang benar

Tentukan Topik Makalah

Menentukan topik makalah sangatlah penting, jika sobat masih belum mempunyai topik,sebaiknya pilihlah topik yang sedang hangat. Biasanya di sekolahan atau kuliah topiknya secara umum sudah diberikan oleh pengajar. Misalkan topiknya "Wisata Indonesia", Ini adalah topik secara umum yang cakupannya sangat luas. Tetapi sobat bisa meringkasnya agar lebih meudah menjadi "Mengkaji Potensi Wisata Indonesia Jawa Barat".

Jika topik sudah ditentukan sobat akan lebih mudah mencari referensi yang berkaitan dan dibutuhkan.

Menentukan Tujuan

Tentukan tujuan makalah yang akan anda buat, misal tujuannya agar orang menjadi percaya dengan apa yang sobat percayai, mendidik pembaca mengenai seseorang, ide tempat atau sesuatu, memberikan pengetahuan lebih dalam tentang topik, atau mengkritisi tentang hal yang kurang dari sebuah topik bahasa. dan lain sebagainya. Ingat, Topik makalah harus sesuai dengan tujuannya.

Mulai menulis Makalah.

Tulislah makalah sobat sesuai dengan topik dan masuk ke bab Pembahasan yang sebelumnya telah diperkuat dengan landasan teori.

Oke, semoga bermanfaat, selamat membuat makalah.

Subscribe to receive free email updates: