10 Tips Memilih Smartphone Android

Bingung memilih ponsel pintar atau Smartphone Android? Yupz, sobat pasti pernah berencana beli sebuah ponsel kesebuah toko ponsel atau Mall. Setelah sobat sampai ditujuan, eh ternyata banyak banget Smartphone yang dijajakan dengan berbagai merek dan tipe. Ditambah lagi sipedagang yang terus-terusan manggil agar mampir di lapaknya. Bingung kan?

Apalagi sekarang bermunculan brand baru dengan produk Smartphone Android andalannya. masing-masing memberikan kelebihan yang seakan tak mau kalah dengan produk lain. Intinya, persaingan pasar Smartphone semakin ketat saat ini. Produk lokal pun demikian, sebut saja Advan dan Evercross, mereka gak mau kalau pasar Indonesia justru dikuasai oleh produk internasional seperti Samsung, Sony, BlackBerry dan lain-lain.

tips smartphone android

Hasilnya karena promosi yang cukup gencar di berbagai media serta fitur yang tak kalah berkualitasnya, Produsen lokal pun mampu menyerap hampir 50 persen pasar Smartphone nasional.

Nah giliran sobat yang bingung mau membeli Smartphone yang kayak gimana? Sobat harus faham akan kebutuhan sobat menggunakan HP? kalau saya pribadi pilih Smartphone ya biar lebih mudah internetan, mudah menjalankan aplikasi Gacebook, BlackBerry Messenger, Twitter dan lainnya. Ada hal penting sebelum anda memilih Smartphone kesayangan. Berikut penjelasannya:

10 Tips Memilih Smartphone Android

1. CPU (Central Processing Unit)

Sebuah Smartphone yang baik haruslah dilengkapi CPU. Saat ini semua Smartphoe menggunakan Prosessor Quad-core. Nah anda lihat spesifikasi di Smartphone yang sobat pilih, apakah prosessor ini sudah disematkan belum? Lihat juga kecepatan prosessor tersebut. Saya sarankan minimal kecepatan 1.3 GHz.

2. RAM (Random Access Memory)
RAM juga sangat penting sebagai penyetabil saat anda menjalankan berbagai aplikasi android dan lainnya.  RAM yang baik pada Smartphone Android yakni 1GB, itu minimalnya. Lebih besar lebih bagus. Tapi kalau budget anda masih minim ya, 512MB juga sudah lumayan.

3. GPU
Grafik Display atau GPU mendukung menghasilkan tampilan grafik yang mumpuni. Pilihlan Smartphone Android dengan spesifikasi GPU yang bagus. Hasilnyapun tampilan grafik pada saat mengambil Video atau menjalankan Game 3 dimensi akan sangat memuaskan.

4. LAYAR
Layar adalah hal utama yang kita lihat. maka pilihlah Smartphone Android dengan layar beresolusi tinggi diatas 1000 pixel dengan warna minimal 16 juta warna. Setelah itu tipe layar minimal In-Plane Switches (IPS-LCD) dengan kerapatan yang besar. Jangan lupa, teknologi Multitouch yang mampu merespon dalam 5 sentuhan secara berbarengan.

5. KONEKTIFITAS
Fungsi sebuah smartphone adalah memudahkan anda terhubung dengan internet dan siapapun dengan mudah. Oleh sebab itu fitur konektifitas yang lengkap sangat disarankan. Misal sudah mendukung jaringan minimal 3G (HSDPA, HSUPA) kemudian EDGE dan GPRS. Selain itu tersedia fasilita Wi-Fi dan Wi-Fi Hotspot. Fasilitas Bluetooth dan microUSB versi terbaru.

7. PENYIMPANAN
Nah ini dia, Tips memilih Smartphone android yang baik juga anda bisa lihat dari kapasitas penyimpanan. Sebuah Smartphone Android pasti sudah terdapat aplikasi bawaan yang sudah memakan sebagian Memory internal. Minimal untuk harga dibawah 1,2 jutaan yakni memory Internal 4GB, lebih besar lebih bagus.

8. KAMERA
Kamera menjadi sangat berguna untuk Smartphone Android, apalah artinya kalao ponsel pintar tanpa kamera atau bahkan kualitas resolusi kamera terbilang rendah? anda mungkin tidak mau membagikan foto anda di jejaring sosial bukan? Oleh sebab itu tips memilih Smartphone Android yang baik yakni kualitas kamera minimal 5MP.

9. Baterai
Smartphone yang baik tentu saja memiliki daya tahan standby yang lama. Anda tidak ingin kan saat sedang asik menjalankan ponsel anda tiba-tiba anda merasa batrai handphone anda cepat habis. Apalagi saat anda melakukan online yang menyedot banyak daya. Nah sebaiknya pilih Smartphone dengan baterai dengan daya besar, minimal 2000mAh dan lebih besar lebih bagus.

10. Merek
Saat ini banyak merek ponsel yang menawarkan Smartphone andalannya. Hal ini pasti membuat anda bingung akan memilih Smartphone merek apa. Anda tidak perlu bingung ketika merek yang anda pilih adalah Samsung atau iPhone. Tapi selain itu, pastikan anda mengetahui rekam jejaknya dan galery resminya, hal ini untuk memudahkan anda ketika akan menservice ponsel anda

demikian 10 Tips memilih Smartphone Android yang wajib and aketahui sebelum anda membeli sebuah Smartphone. Sobat bisa mencari tahu terlebih dahulu di internet untuk spesifikasinya, setelah itu tentukan ponsel merek apa yang akan sobat beli. semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: