Cara Membuat Spasi Di Word Agar Tidak Terlalu Jauh

Cara Membuat Spasi Di Word Agar Tidak Terlalu Jauh
 BitiBingit - Menulis ulang sebuah artikel atau teks dari sumber internet adalah hal yang menyenangkan. Namun biasanya tulisan yang didapat seringkali spasinya kacau. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus memahami cara mengatasi spasi yang terlalu jauh, lebar dan berantakan tersebut di Microsoft Word baik memakai pc, ataupun laptop dan entah ia memakai sistem operasi windows 10, windows 8/8.1 atau dan 7.

Cara Membuat Spasi Di Word Otomatis

Saat menjalani rutinitas mengetik di MS Word, kita pasti menginginkan tulisan yang rapi dan enak dilihat. Tetapi kadang-kadang ada saat dimana ketika mencopy file dari sumber tertentu, tulisan yang didapat malah berantakan dan tidak seperti aslinya.

Hal tersebut seringkali terjadi bagi pelajar ataupun mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas dengan sumber teks dari internet. Kalau Anda mengalami hal tersebut, coba Anda lakukan tutorial cara membuat spasi di word agar tidak telalu jauh berikut.

Tak hanya membuat tulisan enak dipandang, struktur tulisan yang rapi pun menambah nilai dari artikel teks itu sendiri. Tetapi sebelum masuk kedalam inti bahasan utama, Anda harus mengetahui dulu penyebab spasi di Word terlalu jauh dan berantakan tersebut.

Hal-hal yang menyebabkan Spasi di Word Terlalu Jauh dan Kacau

Ada banyak sekali faktor yang membuat spasi menjadi kacau. Selain karena beda jenis font yang dipakai, penjajaran teks seperti align left, align right, dan justify pun dapat berpengaruh hasil salinan di MS Word.

Begitu pun dengan perbedaan versi Ms Word. Contohnya Anda membuat tugas di warnet yang memakai MS Word versi 2016, namun di MS Word komputer sekolah atau kampus masih memakai Microsoft Word 2010. Biasanya hal tersebut itulah yang membuat spasinya menjadi kacau atau berantakan.

Sebetulnya bisa saja diperbaiki dengan cara menghapus jarak spasi dengan metode manual satu per satu hehe :D. Namun hal tersebut sudah pasti boros waktu, yang biasanya selesai dalam kurun waktu 30 menit malah bisa sampai 1 jam. Nah oleh sebab itu supaya lebih efisien, silahkan Anda coba tutorial dari kami cara membuat spasi di word agar tidak telalu jauh, atau Anda bisa langsung melihat di channel youtube kami dibawah ini.

Cara Membuat Spasi Di Word Agar Tidak Telalu Jauh Yang Pertama

Supaya hasilnya menjadi maksimal dan rapi, Kita dapat mengcopynya ke Notepad terlebih dulu sebelum dicopy ke dokumen MS Word. Dengan cara itu akan membuat tulisan atau teks artikel itu menyesuaikan dengan jenis font dan struktur lain pada Microsoft Word di laptop atau PC Anda.

Tetapi kalau Anda sudah terlanjur seperti itu, kalian bisa mencoba langkah-langkah berikut ini.

Sebelum membahas ditutorialnya alangkah baiknya jika kalian menyimak langkah-langkahnya melalui video dari channel youtube kami dibawah ini.


 

1. Menggunakan Tombol Enter

Cara pertama yang dapat Anda pakai yaitu dengan menggunakan tombol Enter. Taruh kursor atau klik saja di bawah kalimat yang spasinya kelebaran. Lalu tekan Backspace pada keyboard, sesudahnya tekan tombol Enter.

Kalau di bawah kalimat yang spasinya acak-acakan tidak ada kalimat lagi, maka kalian tinggal tekan tombol Enter saja di akhir kalimat itu. Cara ini dapat dipakai jika jumlah spasi yang kacau atau berantakan hanya sedikit saja guys.

2. Memakai Find dan Replace

Kalau spasi yang terlalu lebar ataupun yang terlalu jauh spasinya ada banyak, coba cara yang satu ini dengan memakai fitur Find dan Replace yang ada di Word.

Pertama-tama, kalian tekan tombol Ctrl + H pada keyboard, lalu akan muncul sebuh form kotak Find and Replace
Isi kolom kota "Find what" dengan isian menekan tombol spasi pada keyboard dua kali, lalu untuk "Replace with" dengan menekan tombol spasi satu kali saja guys.
Kemudian kalian klik Replace All, dan setelah itu klik klik Yes
Kalau masih saja ada yang berantakan atau kacau maka kalian bisa mengulangi cara di tadi sampai ada pemberitahuannya menjadi angka 0.

3. Ubah Jenis File

Jika kedua cara tersebut diatas sudah kalian lakukan dan masih saja ada yang berantakan maka kalian dapat mengubah format word kalian menjadi word 2003 dengan ekstensi .doc karena biasanya memang beberapa versi Microsoft Ada yang tidak support dengan versi-versi lamanya maka cara terbaik adalah dengan mengganti formatnya menjadi versi MS Word 2003 yaitu .doc

Baiklah cukup sekian artikel mengenai cara membuat spasi di word agar tidak terlalu jauh dan semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya :).

Subscribe to receive free email updates: