Tips Menu Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Tips Menu Makanan sehat Berbuka Puasa. Puasa adalah ibadah wajib bagi Umat Islam. Puasa selain menahan lapar dan dahaga selama hampir 14 jam penuh tapi juga menahan hawa nafsu dari perbuatan-perbuatan yang buruk dan dosa. Dan sebenarnya tidak ada buruknya kita berpuasa dengan menahan lapar, justru dari beberapa penelitian valid oleh peneliti ternama, selama kita berpuasa 14 jam tanpa makan dan minum, itu sama saja mengistirahatkan organ pencernaan kita.dengan kata lain berpuasa sangat menyehatkan badan.

Tahukah anda kalau selama ini kita hampir tidak pernah mengistirahatkan organ pencernaan. Makanan yang kita konsumsi selayaknya larut selama 12 jam didalam perut. Padahal kita tidak pernah kuat untuk menahan lapar selama 12 jam , mungkin 4 sampai 5 jam sekali kita lapar dan langsung makan padahal organ pencernaan sedang mencerna makanan sebelumnya. jadi sudah pasti kalau selama ini organ pencernaan kita tidak pernah berhenti bekerja.

tips menu makanan sehat berbuka puasa
Selama kita berpuasa, organ pencernaan diberikan sedikit jeda untuk beristirahat. Ini sangat bai sekali untuk kesehatan, dan bagusnya kita berpuasa selama 30 hari sehingga memberikan cukup waktu istirahat untuk organ pencernaan.

Walaupun demikian, ada yang sering kita lupakan ketika kita berpuasa da sampai pada waktu berbuka, kita seolah tak sabar ingin menyantap semua hidangan yang tersedia dan menghiraukan kondisi tubuh kita, Organ pencernaan tidak bisa langsung diberikan makanan yang banyak tetapi haruslah sedikit terlebih dahulu. makanya Nabi Muhammad SAW mencontohkannya dengan berbuka puasa dengan yang manis yakni 3 biji kurma. Setelah itu dilanjutkan dengan Sholat Magrib, barulah menyantap hidangan utama.

Jika tidak ada kurma, maka berbukalah dengan yang manis dan lembut seperti Kolak atau minum yang segar dan manis seperti es kolang kaling atau jus. Selama berpuasa kita sudah kehilangan banyak nutrisi dan cairan sehingga perlu kita basahi dengan minuman segar atau kolak manis.

Beberapa menu Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa seperti Sayuran berdaun hijau sangat dianjurkan karena mengandung banyak vitamin dan serat. Organ pencernaan akan mudah mencerna makanan sayuran ini sehingga tidak memerlukan kerja yang cukup berat. Masaklah sayuran berdaun hijau ini dengan disayur atau ditumis tetapi jangan sampai daun nya layu terlalu matang karena akan menghilangkan manfaat kandungan vitaminnya.


Tak hanya sayuran, Sobat juga bisa mulai hidup sehat dengan menggani beras putih dengan beras merah. Beras merah sangat bagus untuk kesehatan selain kadar gula yang rendah juga mengandung banyak serat yang bagus untuk organ pencernaan anda.

Jangan lupa untuk sedia buah-buahan yang manis serta makanan dari kacang-kacangan. semuanya mengandung serat yang cukup kaya. Sementara kacang-kacangan adalah sumber protein yang mudah dicerna.


Inilah tips menu makanan sehat untuk buka puasa. Menjaga kesehatan selama berpuasa tentunya sangat dianjurkan agar kita menjalankan ibada puasa bisa dengan lancar. Kuncinya janganlah berlebih-lebihan dalam berbuka puasa atau sahur, sesungguhnya yang berlebihan itu tidaklah baik bagi kesehatan sobat. selamat berpuasa.

Subscribe to receive free email updates: