Tips Mudah Merawat Rambut Secara Alami

Tips Merawat Rambut Secara Alami. Rambut sering rontok setiap habis keramas atau nyisir ? Udah gak jamannya lagi deh.
Nih buat para sahabat Bitibingit terutama kalangan cewe, pasti yang namanya masalah rambut sering difikirkan apalagi kalo masalahnya rambut rontok. DuuUh itu jadi hal yang sangat menyetreskan dalam hidup ini. karena bagi para cewe, rambut itu adalah salah satu modal utama untuk menunjang penampilan.

Rambut adalah bagian tubuh yang sering diperhatikan karena letaknya berada di atas bagian tubuh dan terlihat secara jelas. Berbeda dengan bagian tubuh yang lain seperti hidung, mata, tangan, dan lainnya yang tidak begitu jelas sehingga jarang sekali orang lain memperhatikan itu. Berbeda lagi dengan cewe yang berjilbab. memang rambut tidak begitu diperhatikan oleh orang lain karena tertutup oleh hijab yang panjang bahkan sehelai rambut pun tidak terlihat. Meskipun begitu, cewe yang berjilbab pun perlu memperhatikan dan merawat rambutnya, kalau tidak dirawat bisa-bisa rambut bisa rontok sampai kepala pun jadi botak.
Tips merawat rambut secara alami
Ada pengalaman teman saya sendiri, sebut saja namanya Ratna (samaran). dia orang yang sangat tertutup banget, muslimah banget deh pokoknya sampai-sampai di rumahnya pun dia tidak membuka hijabnya, sehingga untuk merawat rambutnya pun dia hanya menggunakan waktu sebentar. Habis keramas rambutnya langsung diikat dan mengenakan hijabnya. Setiap hari yang dia alami adalah rambut rontok. Dia berfikir sudah menggunakan sampo anti rontok tapi kok tetep aja rontok. Nah ini yang salah. Dia hanya mengandalakan sampo saja dan berfikir rambutnya tidak akan rontok lagi, dan rambutnya tidak diberi nutrisi dengan bahan-bahan alami ditambah lagi cara merawatnya yang salah yaitu, habis keramas rambut langsung diikat.
Tapi tenang saja. spesial buat para hijabers dan sahabat yang tidak berhijab juga, saya akan kasih tips atau cara untuk merawat rambut secara alami supaya tidak ada masalah terutama masalah rambut rontok.
Simak saja ini dia tipsnya :

1. Buat sahabat semuanya perlu diingat, sehabis keramas rambut jangan langsung diikat atau ditutup dengan hijab karena itu akan membuat rambut menjadi lembab sehingga rambut akan mudah rapuh dan tiba pada yang namanya rontok. Biarkan rambut kering terlebih dahulu secara alami, tak perlu memakai hairdryer karena itu malah akan memperparah kerusakan rambut.

2. Jika sahabat tidak biasa menggunakan vitamin rambut yang sering dijual di toko-toko karena takut terjadi alergi pada kulit kepala, tak perlu khawatir karena vitamin rambut alami banyak di sekitar kita yang tak pernah kita duga sebelumnya, salah satunya adalah lidah buaya. Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki kandungan bahan alami yang bisa menebalkan rambut dan mencegah rambut dari kerontokan. terutama bagi para hijabers yang sering menutup kepalanya. Cara menggunakannya pun sangat sederhana. hanya dengan mengiris lidah buaya tersebut kemudian lendirnya dioleskan ke kulit kepala dan rambut kita sehgabis keramas. setelah kering, rambut akan terasa lembut dan terbebas dari kerontokan. gunakan lidah buaya secara teratur minimal tiga kali dalam seminggu.

3. Bagi yang berhijab, jika sahabat berada di di dalam rumah jangan terlalu sering menutup kepalanya karena sama seperti halnya kulit, rambut pun perlu bernafas. Biarkan rambut terurai begitu saja tetapi ingat jika ada tamu terutama cowo yang bukan mahrom kita jangan buka mahkota kita.

4. Berkeramas memang membuat kepala kita bersih dari kotoran. tapi perlu diingat bahwa berkeramas itu perlu aturan yang baik. berkeramaslah 2 hari sekali bagi yang berhijab, misalnya hari Senin keramas pagi hari hari Selasanya tidak barulah pagi hari di hari Rabu berkeramas lagi. Hal ini karena, rambut membutuhkan kelembaban yang baik yang diatur oleh waktu tersebut. Sering berkeramas malah membuat rambut dan kulit kepala menjadi kering.

5.  Bagi para sahabat yang sering bermain sama teman-temannya terutama yang gak berhijab, hal ini yang harus diingat. Saat matahari berada di atas kepala kita, kita harus hati-hati akan hal itu. Kenapa ? Karena matahari memiliki sinar UV yang bisa membuat kulit menjadi rusak, terutama kulit kepala yang  berada lebih dekat dengan matahari karena letaknya yang berada di atas.  Jika kita berlama-lama di luar sinar matahari pun akan merusak rambut kita karena akan menyebabkan rambut menjadi bercabang yang paling parahnya lagi kalau rambut kita sampai rontok.

6. Jika sahabat sering mengurai rambutnya di tempat umum, hati-hati juga. Karena kemungkinan debu-debu pun akan menempel pada rambut sahabat. Debu adalah salah satu yang bisa membuat rambut menjadi rusak. Bagi wanita karir yang menguraikan rambutnya ketika berada di luar, berkeramaslah setiap hari, cukup sehari satu kali saja.

7. Cat rambut. Jika sahabat ingin mewarnai rambutnya, jangan menggunakan cat rambut yang berbahan kimia karena jika sering memakainya itu akan membuat rambut lebih parah rontoknya. Lihat saja orang berada di sekeliling kita yang menggunakan itu, atau artis yang ada di tv-tv. Kebanyakan mereka menggunakan rambut buatan atau sambung rambut karena rambutnya rontok akibat sering mereka cat. Jika sahabat ingin pewarna alami, maka gunakanlah hena yang tidak memakai pewarna buatan. Kalau ingin menghitamkan rambut, orangtua jaman dulu menggunakan bambu tali yang di dalamnya ada airnya kemudian dimasukan ke kotoran kerbau, didiamkan beberapa hari, lalu airnya dioleskan ke rambut kita. Meskipun kedengarannya menjijikkan tetapi terkadang orang tua itu benar. Lihat tetangga sendiri aja rambutnya hitam banget, karena dia pake cara itu. Sungguh menkjubkan !

8. Kalo rambut udah panjang, ngapain dipotong terus disambung pake rambut palsu atau biasa kita sebut sambung rambut ? Sambung rambut malah akan membuat rambut makin rontok. Bukannya bagus, tapi malah akan membuat fikiran kita semakin stres. Biarka saja rambut kita terurai panjang secara alami, karena yang alami itu lebih baik.

Nah sahabat, gimana udah pada faham ulasan tips merawat rambut secara alami ? Kalo udah faham saatnya sekarang rawat rambut kita dengan baik sesuai dengan tips yang sudah saya berikan. Insyaallah aman, nyaman, enak. Cek juga ya tips cara menghilangkan Bulu Ketiak, Semoga bermanfaat. Salam !

Subscribe to receive free email updates: