Tips Merawat Pakaian Agar Lebih Rapi, Wangi dan Awet Lebih Lama

Tips Merawat Pakaian Agar Lebih Rapi, Wangi dan Awet. Tips ini kami ambil dari blog sebelah, IyenBlog.com. Yupz, ini tugas kaum hawa terutama yang sudah jadi ibu rumah tangga agar pakaian yang dipakai setiap anggota keluarga tampak lebih rapi, bersih dan awet. Sebenarnya cukup simpel sih agar pakaian tampak rapi, yang penting setelah dicuci dan dijemur hingga kering, pakaian langsung di setrika atau dilicin dengan diberikan pewangi, hasilnya pasti pakaian menjadi lebih wangi dan rapi. Nah, kali ini kita akan berikan tips langkah-langkah agar pakaian lebih rapi, wangi dan awet, berikut uraiannya.

1. Sebelum anda mengeluarkan isi dompet anda untuk membeli pakaian, pilih dulu pakaian yang dalam kondisi baik. Anda lihat apakah pakaian tersebut warnanya mudah luntur atau tidak. Caranya anda lihat corak warna dari pakaiantersebut. Jika pakaian tersebut memiliki corak warna yang kurang jelas, berarti pakaian tersebut cepat luntur warnanya. Selain dari warna, anda harus jeli dalam memilih jahitan yang ada pada pakaian yang akan anda beli. Jahitan ini menentukan pakaian anda cepat robek atau tidak. Dan terakhir adalah harga. Walaupun harga tidak menjadi patokan utama dari baik atau tidaknya suatu barang yaitu pakaian, akan tetapi dengan harga yang lebih tinggi dari harga standar menentukan kualitas dari pakaian tersebut. Lihat saja pakaian yang dijual di pasar-pasar tradisional yang dijual dengan harga yang lebih murah mulai dari Rp. 10.000 sampai 30.000, kualitas yang diberikan sangatlah buruk. Dikatakan jaket saja kainnya sangatlah tipis. Karena itu, jelilah dalam membeli pakaian.
Tips merawat pakaian agar rapi wangi dan awet
2. Setelah anda membeli pakaian dalam keadaan baik walaupun itu bukan bekas, anda tetap harus mencucinya sebelum anda kenakan. Bisa saja pakaian tersebut kotor karena debu atau sebelum anda yang membeli ada pembeli lain yang mencoba pakaian tersebut. Hal ini bertjuan supaya pakaian anda tetap terhindar dari kotoran dan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit terutama penyakit kulit.

Sebelum anda mencuci pakaian, periksa terlebih dahulu saku atau bagian dari pakaian, siapa tahu ada koin bersarang di saku anda dan peniti atau bros menempel pada bagian baju anda. Lalu pisahkan jenis pakaian yang akan anda cuci mulai dari tingkat kekotoran, warna pakaian, dan jenisnya. Untuk tingkat kekotoran misalnya memisahkan kaos kaki yang sangat kotor dan baju atasan anda yang hanya bau keringat saja. Untuk warna, misalnya memisahkan kemeja putih anda dengan pakaian warna merah anda. Dan untuk jenis, misalnya anda memisahkan jeans dengan pakaian biasa anda. Hal ini juga bertujuan untuk pakaian anda tetap terjaga kualitasnya dan tetap awet.

Saat anda mencuci pakaian putih, usahakan anda tidak menggunakan pemutih pakaian. Pemutih dapat merusak pakaian karena terkandung zat yang dapat merusak lapisan kain. Yang bisa dilihat adalah pakaian putih anda lama-kelamaan akan terlihat kuning dan kasar. Hal ini juga berlaku pada pakaian yang terdapat sablon. Jika pakaian putih anda ada sablonnya, jangan pernah gunakan pemutih. Yang terjadi adalah sablon pada pakaian anda akan luntur.

Setelah anda selesai mencuci, bilaslah pakaian anda dengan pewangi pakaian supaya pakaian menjadi wangi. Dan beberapa merk pewangi pakaian sekarang ada yang mengandung bahan pembasmi kuman dan bakteri, dan anda bisa menggunakannya agar pakaian anda lebih bersih dan wangi.

3. Saat menjemur hal yang harus anda ingat adalah anda harus membalik pakaian anda supaya tetap awet warnanya. Terutama untuk jeans, membaliknya sangat penting, karena jeans mudah luntur warnanya. Dan untuk pakaian yang warna nya mudah luntur dan pakaian yang mudah kering, jemurlah pakaian tersebut di tempat yang tidak tersinari langsung oleh sinar matahari.

Cepat-cepatlah ambil pakaian yang sudah kering dan jangan dibiarkan terlalu lama di jemuran, karena jika terlalu lama akan menyebabkan pakaian menjadi cepat rusak.

4. Jika pakaian anda ingin rapi, setrikalah pakaian anda dengan menggunakan pelembut dan pewangi pakaian untuk menyetrika. Dengan menggunakan pelembut atau pewangi ini pakaian anda tidak hanya rapi, tapi pakaian anda akan menjadi mudah disetrika, lembut, dan harum.

 Saat melipat pakaian, anda harus melipatnya dengan rapi. Jika tidak, saat menyimpannya pakaian anda akan menjadi kusut.

5. Untuk pakaian yang panjang, kemeja, mukena, dan lainnya, anda harus menggantungnya supaya pakaian anda tetap rapi dan tidak ada lipatan. Pakaian yang dilipat hanyalah pakaian berupa kaos, celana, dan rok.

Saat menyimpan pakaian, simpanlah dengan rapi dan hindari lemari yang sumpek supaya anda bisa mengambil pakaian dengan mudah saat anda akan mengenakannya.


Nah, Tips diatas bisa anda lakukan agar Pakaian anda tampak lebih rapi, wangi dan awet. Semoga Tips Merawat Pakaian Agar Lebih Rapi, Wangi dan Awet bisa bermanfaat bagi anda.

Sumber: IyenBlog.Com